Senin, 26 Oktober 2015

tips mempercepat persalinan

Proses melahirkan berjalan dengan normal dan lancar menjadi impian semua ibu. Gambaran melahirkan seperti mempertaruhkan nyawa sang ibu demi melahirkan buah hatinya sering membuat ketakutan bagi calon ibu yang baru pertama kali akan melahirkan maupun yang pernah melahirkan sebelumnya. Proses melahirkan bisa berjalan dengan lancar dengan berbagai cara. Sejak awal kehamilan ibu bisa menerapkan pikiran positif bahwa keadaan janin akan baik-baik saja sampai proses kelahiran

kelak. Dengan pikiran positif, ibu akan memiliki mental kuat yang akan membantu proses persalinannya kelak. Berdoa kepada Tuhan juga tidak boleh dilupakan. Di bawah ini beberapa tips mempercepat persalinan yang dapat dipraktikkan oleh ibu hamil :
1. Banyak bergerak
       Kehamilan yang sudah memasuki usia 37 minggu lebih banyak bergerak, bayi akan          bergerak memasuki rongga panggul ibu ketika mendekati persalinan. Dengan banyak          bergerak akan memicu kontraksi atau kenceng pada perut yang cukup sering. Misalnya        jalan-jalan setiap pagi dan sore.
2. Memberi sugesti pada diri sendiri
        Memberi sugesti pada diri sendiri yang positif tentang kehamilan dapat mengurangi          rasa  cemas dan takut akan persalinan, cara ini juga dapat membuat hormone adrenalin      menjadi menurun dan otot ibu akan menjadi lebih rileks.
3. Berhubungan seks
       Berhubungan seks saat hamil bermanfaat untuk merangsang keluarnya hormone               oksitosin (hormone yang membuat suasana jadi gembira) untuk itu hubungan seks               sangat disarankan bagi ibu hamil dengan usia kehamilan 37 minggu. Namun kalau               kehamilan dengan masalah misalnya plasenta atau ari-ari merembes sebaiknya tidak           dilakukan karena dapat menyebabkan masalah lebih berat.
4.  Melakukan stimulasi pada putting
       Cara ini dapat merangsang hormone oksitosin yang bisa membuat rahim menjadi               kenceng tetapi jangan dilakukan berlebihan karena bisa mengakibatkan kontraksi yang         panjang dan kuat.
5.  Rajin senam hamil
        Senam hamil dimulai sejak kehamilan 5 atau 6 bulan. Senam hamil berguna                     melemaskan kawasan jalan lahir, menjadikan kontraksi atau kenceng dan membuat             persalinan lebih mudah serta lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar